Jumat, 12 Mei 2017

Sikap Anjali Pada Poster Acara Kristen


Serial Kotbah 7 berhala yang diadakan oleh Gereja Bethel Indonesia (GBI) Mawar Saron Jakarta pada bulan Agustus - September 2016 kemarin. Kebetulan saya menemukan poster ini di google. Saya langsung terkesan dengan desain judul acara pada poster itu.

Perhatikan huruf "L" pada kata berhala, telah digantikan dengan bentuk sikap anjali. Kenapa harus digantikan dengan sikap anjali?

Saya tidak tahu apa isi acara tersebut juga, karena saya bukan orang Jakarta. Jadi, saya tidak pasti apakah di dalam acara tersebut ada pelecehan terhadap agama Buddha.

Tetapi yang pasti di sini adalah pergantian sikap anjali pada huruf L di atas telah menyinggung ajaran Buddha.

Di dalam ajaran Kristen, berhala artinya patung atau lukisan Dewa, yang kemudian artinya meluas menjadi makhluk atau benda apa aja yang disembah di samping perintah Allah. Menurut Kristiani, menyembah berhala itu dosa.

Landasan hukum tersebut:

Markus 7:9, Yesus berkata pula kepada mereka, "Sungguh pandai kamu mengesampingkan perintah Allah, supaya kamu dapat memelihara adat-istiadatmu sendiri".

Keluaran 20:4, Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.

Oleh karena itu, Kristiani juga menganggap menyembah rupang Buddha juga merupakan menyembah berhala dan itulah suatu dosa dalam hukum Kristiani.


Agama Buddha = menyembah berhala ??

Sebenarnya, yang sering saya temukan di sini bahwa orang-orang yang menyebut umat Buddha itu menyembah berhala adalah orang-orang yang bukan lahir dari keluarga Buddha, dan juga mantan-mantan umat Buddha yang murtad ke agama lain.

Orang-orang yang bukan lahir dari keluarga Buddha ini otomatis hanya melihat acara penyembahan Buddha, tetapi sebenarnya mereka tidak mengerti tentang agama Buddha. Tetapi yang menyakitkan hati di sini adalah mantan umat Buddha tersebut juga menganggap demikian.

Seperti yang saya jelaskan di pendahuluan, banyak orang yang meninggalkan agama Buddha itu memberi kesaksian mereka tentang alasan kenapa mereka murtad sambil menjelekkan ajaran Buddha. Padahal dari kesaksian yang mereka sampaikan tersebut membuat saya tertawa.

Di antara mereka, ada yang meminta kepada Buddha agar angka yang mereka beli keluar, minta bisinisnya sukses padahal dirinya seorang penjudi, minta kesehatan padahal perokok dan pemabuk, dan lain-lain.

Jadi, apakah Buddha itu menyembah berhala?

Sebenarnya ajaran Buddha bukan sekedar menyembah Buddha, tetapi menyatakan perlindungan kepada Buddha, Dhamma dan Sangha, serta berperilaku sesuai Pancasila, yaitu hindari pembunuhan, pencurian, pencabulan, pembohongan, serta senantiasa bersadar.

Sedangkan sikap anjali adalah tanda tata krama dan rendah hati. Mengenai hal ini, sebenarnya dalam ajaran Kristen juga ada sikap bersujud, yang maknanya juga rendah hati. Jadi, seolah-olah poster itu juga menghina ajarannya sendiri.

Saya tidak tahu apakah desain poster itu sesuai pemikiran designer sendiri, atau memang diminta pihak gereja. Tapi perlu disampaikan di sini agar lebih memperhatikan ketika dalam pembuatan poster dan media lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.